Cara Merawat Discus di Aquascape

Diposkan oleh Unknown


Bro, bro, gimana ikannya, keren kan? warna warni ikan ini dan corak yang beragam memang menjadi daya tarik tersendiri. Kenalin nama ikan ini Discus atau nama latinnya Symphysodon. tidak sedikit pecinta aquascape mendambakan ikan ini berada di tanknya, namun masalah timbul setelah ikan ini masuk ke tank.
banyak aquascaper yang menyerah memelihara ikan ini,mati lah tidak tumbuh lah atau apapun lah, bukan berarti ikan cantik ini tidak bisa dipelihara di aquascape tapi memang memerlukan beberapa penyesuaian di tank. 
  • pemilihan tanaman menjadi kunci awal pemeliharaan discus di aquascape, pilihlah tanaman yang tahan banting, tanaman ini bisa hidup di suhu hangat 27-29 derajat.
  • jangan terburu-buru membeli diskus, tunggulah sampai Tank mature, atau minimal berumur lebih dari satu bulan.



    • dari saat membeli discus sebaiknya tidak membeli dari penjual menyimpan ikan ini di aquarim yang dilengkapi heater(pemanas air). karena aquarium yang dipasang heater biasanya suhunya di set di 30derajat ke atas.
    • Usahakan suhu akuarium tidak kurang dari 26derajat, untuk menjaga suhu cukup gunakan lampu tank saja biasanya lampu tank menambah 1-2 derajat.
    • pemberian makan ikan lebih baik sedikit sedikit, tunggu pakan habis terlebih dahulu.

    • apabila ikan sakit jangan masukan obat ikan langsung ke tank, karena obat-obatan akan membuat alga tumbuh subur cenderung tidak terkontrol di tank.
    • untuk mengobati discus sakit pisahkan discus pada tank penampungan atau tank karantina. lakukan pengobatan yang semestinya pada ikan.

    kalo mas bro nekat memberi obat langsung ke tank aquascape, tanggung sendiri akibatnya, tuh tank di atas korbannya. alga tumbuh discus tak kunjung sembuh. semoga info ini berguna buat mas bro yang kepengen aquascapenya ada discusnya.

    { 2 komentar... read them below or add one }

    Unknown said...

    bagus-bagus ikannya

    Unknown said...

    makasi om, tapi itu masih masuk kategori biasa :(

    Post a Comment