Dari CBU ke Lokal, Honda Berdarah

Diposkan oleh Unknown

Ninja mono, sumber: Iwanbanaran.com 

 Bro, bro, kalau dulu beli motor kawasaki ninja import utuh dari Thailand maka untuk motor kawasaki ninja yang ini asli dirakit di Indonesia, krisis berkepanjangan yang terjadi di negeri gajah putih membuat pabrikan asal jepang pindah produksi ke Indonesia, tapi tidak untuk Ninja 2silinder.
Bedanya kalau ninja yang ini silindernya cuma satu dengan cara melokalkan harga jual bisa ditekan. Terbukti kini Ninja Mono dijual dengan harga 40 juta OTR Jakarta, Ninja Mono disinyalir diluncurkan Kawasaki untuk menjadi pesaing CBR 250 yang dikenal overprice atau kemahalan untuk motor 1silinder. Untuk honda sendiri hal ini merusak pasaran harga dan menjadi ancaman serius karena penjualan CBR250 tidak memuasakan. istilahnya bro tidak ada saingan saja sudah kurang laku ini dikasi saingan yang lebih murah, nasibnya mau gimana? secara di tahun ini CBR di himpit oleh kawasaki dan yamaha.

CBR 250, sumber: enoanderson.com
Honda tidak diam saja, desaign VFR1200 disinyalir  menjadi alasan kurangnya minat pembeli terhadap motor ini di tahun 2013 honda mengenalkan CBR di China dengan desain dari CBR Fireblade namun dengan kubikasi 300cc. nah untuk pasar Indonesia CBR menurunkan kubikasinya menjadi 250cc sayangnya masih harus import utuh dari thailand hanya saja Honda melalui AHM baru akan melokalkan CBR150 dengan desain yang sama dengan CBR 250. Sementara untuk produk 250cc lokal sampai saat ini masih berupa gosip, meskipun bisa saja menjadi kenyaatan bisa dipastikan bukan untuk tahun ini.

Berbeda dengan Yamaha yang belum pernah memiliki motor Sport fairing, mengabulkan permintaan konsumen untuk mendatangkan R15 yamaha secara langsung membuat motor baru untuk produk globalnya berbasis Indonesia mulai dari R15 kemudian euforia di lanjut ke R25, meskipun R15 bukanlah barang baru tapi ini adalah produk motor sport 150cc pertama YIMM yang memaksa honda melokalkan CBR150 karena R15 diberi harga jauh lebih murah yakni 28jt , sedangkan R25 memaksa harga CBR250 turun harga menjadi 46,8jt dari awalnya 48,9jt.

R25 sumber: iwanbanaran.com

meski harganya hampir sama dengan Ninja250fi yang dikenal import utuh dari Thailand yamaha tidak takut karena r25 ini disebut kaya fitur, tentunya dengan fitur baru yamaha LED stoplight dan tenaga yang jauh lebih besar di banding kompetitor. sementara kita berharap Indonesia bisa memiliki pabrikan motor yang bisa menyaingi ke tiga pabrikan jepang itu bersyukuerlah karena ketiga pabrikan tersebut telah membuka lapangan pekerjaan bagi sodara-sodara kita.

sumber gambar :
  1. http://i1.wp.com/iwanbanaran.com/wp-content/uploads/2014/02/14_bx250a_yel2_rf.jpg
  2. http://enoanderson.files.wordpress.com/2014/04/cbr250r-repsol-edition.jpg
  3. http://iwanbanaran.com/2014/05/23/mega-gallery-yamaha-yzf-r25-monggo-berikan-opininya/#jp-carousel-57859

{ 3 komentar... read them below or add one }

Unknown said...

Hade2 wae...

@R said...

persaingan yang menguntungkan konsumen
http://rohimmoto.wordpress.com/2014/06/02/update-stripping-honda-spacy/

Unknown said...

tapi honda geraknya lambat, nunggu kejepit baru gerak

Post a Comment